Thursday, October 19, 2006

Uang Titipan

Mo lebaran gini Bayan Semun dapet sabetan lumayan, bisa dibilang uang kaget gito loooooh... Tapi di telepisi, Bayan Semun denger ucapan ustad Yusuf Mansyur: "Orang sedekah itu kagak ngurangin duwit nyang ia punya, tapi malah akan nambah.. kalo rajin sedekah bakal ndatengin rejeki nyang lebih gede yang tidak tersangka-sangka sumbernya"

Bayan Semun setengah percaya, tapi dipikir-pikir kok sayang kalo harus buang sebagian uang di hari ia butuh banget buat sangu mudik... Karenanya ia ngeloyor minta konfirmasi ke ustad Mukidin, siapa tau ada keringanan, gitu pikirnya..
Kalo nurut Ustad Mukidin, "Harta yang kita peroleh itu sebagian adalah titipan yaitu bagian fakir miskin".

Bayan Semun gak puas, "Tuhan itu kan Maha Kuasa, masak mau ngasih rejeki aja kok pake nitip segala", gitu pikirnya.

Ia belon sadar bahwa dari mekanisme memberi dan menerima antara nyang punya dan nyang kurang itu akan menimbulkan pengaruh positf, interaksi itu akan membentuk kesadaran untuk saling membutuhkan dan pada akhirnya juga mempertebal rasa saling pengertian.

Ketika ketemu Koh Ah Bun di toko kelontongnya ia juga minta pendapat juragan itu "Haiyaaa… luwit itu ada sialnya… kamu pelu buang sial itu luwit" (Artinya kalo dapet rejeki harus "buang sial").

Ketika ketemu pak pendeta ia minta pendapat juga : "ohh iya itu namanya perpuluhan dan sepersepuluh perolehan kamu memang bukan hak kamu"

Ternyata berbagai orang berbeda dimintai opini, nasehatnya hampir senada yakni kudu mengeluarkan sebagain duwitnya entah dalam wujud sedekah, buang sial, perpuluhan atau apalah namanye. Emang, kadang orang miskin itu juga salahnya sendiri, namanya sumbangan itu kagak ada dasarnya atau kalo istilah "kangucup" tidak jelas underlying transactions (transaksi yang terjadi karena tiduran di kolong) . Bayan Semun kesal, lalu pulang … sesampainya di rumah, uangnya disebar di lantai sambil teriak-teriak.

"Tuhan… ambil ndiri dah duwit yang bukan bagian ane… ane hanya mau nyang bersihnye aje. ... Ane tunggu lima menit.... kalau belum diambil berarti itu milik ane".

No comments: