Tuesday, October 17, 2006

Membuat sendiri TCI menggunakan MOSFET

Membuat Sendiri Modul Pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition)


Sistem pengapian ini hasil modifikasi dari sistem pengapian konvensional. Sistem pengapian semi transistor merupakan sistem pengapian elektronik yang masih menggunakan platina. Namun demikian, fungsi dari platina (breaker point) tidak sama persis seperti pada pengapian konvensional. Aliran arus dari rangkaian primer tidak langsung diputuskan dan dihubungkan oleh platina, tapi perannya diganti oleh transistor sehingga platina cenderung lebih awet  (tidak cepat aus) karena tidak langsung menerima beban arus yang besar dari rangkaian primer tersebut. Dalam hal ini platina hanyalah bertugas sebagai switch (saklar) untuk meng-on-kan dan meng-off-kan transistor. Arus listrik yang mengalir melalui platina diperkecil dan platina diusahakan tidak berhubungan langsung dengan kumparan primer agar tidak arus induksi yang mengalir saat platina membuka. Terjadinya percikan bunga api pada busi yaitu saat transistor off disebabkan oleh arus dari rangkaian primer yang menuju ke massa (ground) terputus, sehingga terjadi induksi pada koil pengapian.

Adapun cara kerjanya kurang lebih sebagai berikut : 

Apabila kunci kontak (ignition switch) posisi “on” dan platina dalam posisi tertutup, maka arus listrik mengalir dari terminal E pada TR1 ke `terminal B. Selanjutnya melalui R1 dan platina, arus mengalir ke massa, sehingga TR1 menjadi ON. Dengan demikian arus dari terminal E TR1 mengalir ke terminal C. Selanjutnya arus mengalir melalui R2 menuju terminal B terus ke terminal E pada TR2 yang diteruskan ke massa. Akibat dari kejadian arus listrik yang mengalir dari B ke E pada TR2 yang diteruskan ke massa tersebut menyebabkan mengalirnya arus listrik dari kunci kontak ke kumparan primer, terminal C, E pada TR2 terus ke massa. Dengan mengalirnya arus pada rangkaian primer tersebut, maka terjadi kemagnetan pada kumparan primer koil pengapian.

Apabila platina terbuka maka TR1 akan Off dan TR2 juga akan Off sehingga timbul induksi pada kumparan - kumparan ignition coil yang menyebabkan timbulnya tegangan tinggi pada kumparan sekunder. Induksi pada kumparan sekunder membuat terjadinya percikan bunga api pada busi untuk pembakaran campuran bahan bakar dan udara.

Mobil-mobil modern sekarang ini hampir semuanya menggunakan sistem TCI (induksi) yang secara digital dikendalikan oleh komputer, bukan CDI (Capasitive Discharge Ignition). Dijaman dulu, TCI ditrigger oleh magnetic pulser yang diposisikan didalam distributor atau delco dengan tanpa diolah oleh sistem komputer.

Merubah sistem pengapian dari Platina ke TCI dengan trigger platina, modifikasinya sangat simpel tanpa merobah struktur platina .....


Dengan memindahkan switching platina sebesar 5 ampere ke sebuah semikonduktor (Power Transistor) maka beban platina akan dialihkan hanya untuk memicu atau mentriger sebuah basis dari transistor penerima sinyal sebesar beberapa miliwatt saja. Selain itu semikonduktor mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan platina konvensional, yaitu:

Sangat cepat dan akurat, semakin cepat berarti semakin tinggi voltase yang dihasilkan oleh koil sehingga percikan api di busi akan lebih besar dan biru.
Tahan panas dan getaran
Tidak mengalami keausan karena tidak ada busur api dan gerakan secara mekanis.
Jauh lebih bisa diandalkan ketahannya dan realibilitasnya dibandingkan dengan benda mekanis.
Bisa dipasangkan di posisi mana saja didalam kendaraan (jauh dari jangkauan banjir).
Tidak diperlukan lagi kondensor 12V DC 0,22-0,27 uF yang pada umumnya merupakan komponen fast moving dan sering membuat masalah.

Kelebihan dari sistem ini adalah tidak adanya kontak fisik dari pemberi sinyal, oleh karenanya tingkat keawetannya juga lebih tinggi.

Beban platina +/- 5 ~ 8A oleh sebab itu gunakan Transistor / Mosfet / IGBT yang mempunyai ampere cukup, transistor Darlington yang sering digunakan untuk TCI ini adalah type TIP162, BU931, BU941, 2SD2141, 2SD1976, 2SD1071 sedangkan Mosfet yang sering digunakan adalah type IRFP460, IRF510, IRF740, IRF840 dan untuk IGBT bisa memakai FGA25N120, MGP15N40CL, BUP312  dan masih banyak lagi

Manfaat :
1. Platina jauh lebih awet karena tidak ada titik kontak dengan busur api
2. Pengapian lebih besar
3. Anda bisa pakai platina bekas sekalipun
4. Anda bisa membuang kondensor asli


Bagi yang senang kutak kutik elektronik berikut adalah skema TCI dengan menggunakan Mosfet




Skema MCI ( Mosfet Control Ignition)

No comments: